Categories
belajar kenangan Kisah perjuangan Uneg-uneg Usaha

Aku, Cerita dan Angan di Tahun 2013 Silam

8 November 2013

Kelap Kelip PLN Bali Peduli Pelanggan

PT PLN yang selalu berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen yaitu salah satunya dengan mengadakan kegiatan program peduli pelanggan. Saya ikut serta didalam kegiatan ini yang dilaksanakan dari 7 November hingga 7 Desember 2013. Ada pun pada saat H-1 (6 November) diberikan pengarahan mengenai hal apa saja yang akan dilakukan serta pembagian peralatan dan seragam. Saya berharap dari kegiatan ini saya akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman untuk pengembangan diri saya. Jujur saja pengalaman dilapangan saya masih sangat kurang atau boleh dikatakan minim. Sedikit curhat, walaupun saya anak elektro, saya masih awam sekali mengenai kelistrikkan baik menyangkut teori maupun praktek. Ternyata pengalaman itu penting sekali. Semakin banyak yang saya tanya, ternyata semakin banyak yang saya belum pahami. Kembali ke masalah PLN Peduli Pelanggan.

Kebetulan sekali saya kebagian tugas di PLN Rayon Kuta. Kuta yang terkenal padat dan juga tempat yang sering diadakan acara-acara penting tentunya memerlukan gemerlap kelap-kelip lampu yang tidak sedikit. cahaya lampu ataupun peralatan lainnya memerlukan aliran listrik yang disalurkan oleh PLN. Untuk menjaga agar kuta tetap bercahaya, tentunya PLN kuta terus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga tingkat mutu pelayanan yang baik. Tidak hanya dikuta saja, Upaya ini juga dilakukan di seluruh PLN rayon.

Pada kegiatan ini, PLN peduli pelanggan bertujuan memperhatikan keselamatan dan keamanan dari pada penggunaan tenaga listrik di pelanggan. Kegitan ini meliputi kegiatan pemeriksaan APP di sisi pelanggan. APP dilihat secara visual terlebih dahulu apakah ada bagian-bagiannya yang rusak atau cacat seperti segelnya, tutup MCB serta yang lainnya atau bagian dalamnya (pengamawatan kabelnya) yang dapat membahayakan. Setelah mengecek, petugas akan membuatkan berita acara bahwa keadaan APP dalam keadaan normal/tidak normal. Jika keadaan APP tidak normal, maka petugas akan segera memperbaikinya sesegera mungkin (harus disaksikan oleh atas nama pemilik rekening listrik bersangkutan), agar keadaan bisa kembali aman dan pelanggan bisa menggunakan listrik nyaman sebagaimana mestinya.

Terimakasih sekali pada program PLN Peduli Pelanggan ini, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar ya. Astungkara.

22 November 2013

TEAM PEDULI PELANGGAN PLN DISTRIBUSI BALI RAYON KUTA

Cerita Kegiatan :

Selamat pagi, Bali Bali Bali ! Selamat Bali Bekerja Bekerja Bekerja! Rayon Kuta Be 100% !  Slogan yang selalu dikumandangkan untuk membakar semangat kerja. Bahkan setiap pagi menjelang bekerja hingga sore hari menjelang pulang, slogan ini selalu dikumandangkan. Baik pagi, siang, sore hingga lembur pun semangat pagi tetapi mutlak berlaku tetapi tidak sekolot itu. Walapun slogannya bekerja bekerja bekerja! Tenang saja, masih disediakan waktu istirahat kok.

Categories
KETIK pahlawan perjuangan Uncategorized

Karakter Superhero Perempuan Favorit

Minggu,8 Maret 2020.Tepatnya hari Perempuan internasional. Dimana para perempuan berjuang untuk semangat hidup dan menggapai cita-cita. Perempuan itu tidak hanya lemah lembut, tetapi kuat. Kuat menghadapi berbagai masalah. Perempuan juga berhak menjadi pahlawan dan membuktikan Perempuan tidak hanya lemah dan penakut, Sebagai Perempuan juga harus berani, pantang menyerah, dan tangguh. Apalagi kalian sebagai perempuan,kalian bakal jadi calon pahlawan di masa depan nanti.

Perempuan juga Pahlawan, dan suka menyelamatkan orang-orang dari ancaman atau kejahatan, atau juga bertujuan menumpas para penjahat. Misalnya aja polwan atau tentara.

Berhubung memperingati Hari perempuan internasional, gua akan menjelaskan nih deretan karakter superhero paling tangguh di berbagai film Superhero. Dan inilah deretan karakter superhero perempuan paling tangguh versi gua.

 

1. Scarlet witch aka Wanda maximoff

698425

Siapa sih yang gak tau karakter penyihir satu ini. Yup, Scarlet witch. Karakter bernama asli Wanda maximoff ini adalah salah satu superhero wanita dengan kekuatan sihir paling kuat dan di gadang -gadang sebagai karakter paling kuat di Marvel.

Alasan gua suka karakter ini karena kuat dan tetap tegar meski ia kehilangan 2 orang yang dicintainya. Wanda juga menolong orang meskipun Wanda tak sengaja menghancurkan gedung yang isinya penghuni semua saat ia sedang melawan musuh di Civil war. Wanda juga terbukti menolong rekannya Black widow dan Okoye saat terjadi infinity war berlangsung.

 

2. Jean Grey

1b64ccbf26e431fc79110b41c19ee3e14331292955233158764

Masih Superhero Marvel lagi nih. Siapa sih yang gak tau Jean Grey, salah satu karakter Xmen paling terkenal di Marvel. Karakter perempuan satu ini adalah seorang mutan yang mempunyai kekuatan telepati dan Telekinesis. Jean grey juga punya jenis monster misterius, kuat, dan ganas yang bernama Phoenix. Alasan gua suka karakter ini karena itu adalah salah karakter favorit gua banget. Jean juga karakter paling kuat baik di xmen maupun di Marvel. Karakter satu ini dari terlihat aja sifatnya pendiam dan agak lemah. Tapi saat ia mulai emosi atau dirasuki oleh Phoenix, ia jadi lebih kuat dan saking kuatnya kekuatan nya tidak bisa di kendalikan. Meskipun ia sangat kuat dan tidak bisa mengendalikan emosinya. Si Jean ini masih punya sisi baik, ramah, Pemberani, dan juga tegar sampai ia rela mengorbankan teman- temannya dan pacarnya untuk menyelamatkan bumi dan seluruh umat mutan dan manusia.

 

3. Wonder Woman aka Diana

64aa4f1e29a69b06aae9308552b42354

Dari Marvel kita beralih ke DC. Ini adalah salah satu karakter superhero paling kuat dan paling gua sukai, Wonder Woman. Superhero ini jelas banget dengan identik Perempuan paling kuat dan tangguh di DC. Perempuan dengan nama asli Diana ini memang bener petarung paling keren menurut gua. Jiwa tegas dan bijaksananya keliatan banget, dan sangat sensitif terhadap kondisi para korban memilukan selama perang dunia, termasuk korban perempuan dan anak-anaknya. Tak heran, dia selalu memberantas kejahatan dunia dan bertujuan untuk menciptakan perdamaian dunia.

 

4. Rey

d4c2008de63f445489739017257a1d12

Yang suka film Star War pasti kalian udah gak asing kan dengan karakter Perempuan ini. Rey adalah karakter wanita yang tinggal di planet Jakku, yang awalnya adalah seorang pemulung barang bekas, dan kemudian beralih menjadi seorang penerus Jedi selanjutnya. Gua sengaja memasukan karakter ke dalam superhero ini karena gua suka karakter ini karena dia kuat, dan juga bersahabat dengan teman-temannya. Dia memang petarung handal dan juga pejuang Jedi yang hebat. Dia sampai rela mati-matian bertarung melawan si Pemimpin Sith, Palapatine. Rey juga pemberani, dan juga tahan godaan tegas mekipun ia sering di hangsut oleh musuhnya, Kylo Ren yang terus mengajak Rey ke dalam Darkside.

 

 

Itu lah karakter-karakter Superhero Perempuan favorit gua. Dari kesimpulan gua, Superhero Perempuan itu mengajarkan kalau kita (sebagai perempuan) itu harus kuat, dan juga lebih tangguh di banding laki-laki. Kita bukan cewek lemah, tetapi fisiknya harus kuat bermental baja dan berhati tegas dan lembut. Perempuan juga Pahlawan, Banyak sekali para pejuang wanita yang paling terkenal di Indonesia dan Dunia. karena sifat cermin positif dan pemimpinnya sudah keliatan sejak dulu.

SELAMAT HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL

HAPPY WOMEN’S INTERNATIONAL DAY

 

Menurut kalian, siapa sih karakter wanita favorit kalian ?

Categories
Komunitas pahlawan Pengikat Kata perjuangan

Buya Hamka: Pahlawan Pemenang Perang Pemikiran

November telah tiba. Inilah saat dimana kita secara khusyuk mengingat jasa-jasa para pahlawan bangsa. Mari kembali sejenak sekira 74 tahun lalu. Dimana pada 10 November 1945, arek-arek Surabaya dipimpin oleh Bung Tomo menggelorakan suara anti penjajahan, diselingi takbir yang bergemuruh. Semboyannnya singkat namun mampu menggairahkan semangat juang rakyat: merdeka atau mati.


Kini, masihkah tersisa semangat itu?

Categories
pahlawan perjuangan

Merawat Sampai ke Pelosok Negeri

Ketika ingat sosok seorang pejuang pemerataan pelayanan kesehatan, saya lebih familiar dengan sosok pengabdi yang dengan sukarela memberikan dirinya untuk melayani di tempat-tempat yang jauh dan dilupakan. Saya tidak ingat tepatnya, tapi beberapa waktu yang lalu, saya pernah menyaksikan sebuah film dokumentar yang bercerita tentang pengabdian serta pengorbanan yang harus dilakukan oleh seorang petugas kesehatan untuk menyelamatkan nyawa banyak orang dengan terus menerus mempertaruhkan nyawanya di garis terdepan. Masih sangat lekat di ingatan saya usaha yang sangat besar, yang harus dilakukan dan diwujudkan oleh petugas kesehatan ini. Setiap harinya, Ia harus mempersiapkan diri untuk menyeberang dari pulau satu ke pulau lainnya hanya untuk mengunjungi pasiennya atau orang yang membutuhkan.

Categories
Kisah pahlawan perjuangan Uncategorized

Semua Bisa Jadi Pahlawan

Beberapa waktu lalu Om saya menemukan sebuah dompet. Karena ia bingung bagaimana mencari pemiliknya, akhirnya beliau menyerahkannya kepada saya. Isi di dalam dompet tersebut ada STNK, kartu ATM sebanyak dua buah, kartu NPWP, kartu SIM A dan kartu SIM C. Hampir keseluruhan merupakan kartu-kartu yang penting dan bisa saja disalahgunakan oleh orang yang menemukannya. Ketika saya tanya kapan ditemukan dompet ini, Om saya mengatakan kalau dompet ini sudah beliau simpan selama hampir satu bulan. Karena beliau sendiri juga tidak punya keinginan lebih jauh untuk melacak siapa pemiliknya.

Saat saya melihat isi dompet ini, saya memperhatikan beberapa baru saja diperpanjang masa berlakunya. Saya mulai berpikir bagaimana kalau saya yang berada di posisi orang yang kehilangan tersebut. Pasti saya berharap orang yang menemukannya berusaha menghubungi saya dan mengembalikan dompet itu. Apalagi isinya adalah surat-surat yang bisa merugikan dan butuh waktu serta biaya lagi untuk mengurusnya.

Akhirnya saya coba mencari di sosial media seperti Instagram dan Facebook. Tapi hasilnya nihil. Lalu saya coba bantuan Google. Saya coba membuka beberapa laman hingga akhirnya saya menemukan nama yang sama yang berada di kartu dan juga foto yang mirip. Menurut hasil pencarian Google orang tersebut adalah seorang agen properti. Saya coba menghubungi nomor kontak yang tertera, tapi tidak aktif. Lalu saya lihat di bawah ada nomor atas nama Jonathan. Saya coba kirim pesan via WA ke orang tersebut. Bertanya apakah ia mengenali orang yang kehilangan dompet. Saya bersyukur ternyata ia kenal.

Setelah melalui uji kepemilikan kartu dengan cara mencocokan alamat dan tanggal lahir, akhirnya saya berhasil menemukan pemilik yang sebenarnya.

Lalu dengan cerita seperti ini apakah saya pantas disebut sebagai PAHLAWAN?

Tentu bukan.

Karena dalam hal ini saya tak mengorbankan apapun dengan nilai yang mahal. Walaupun saya harus meluangkan waktu dan sedikit usaha mencari siapa pemiliknya, juga mengeluarkan uang untuk ongkos kirim, saya masih tidak pantas disebut Pahlawan. Karena…. Ya karena saya tidak merasa “berkorban”. Lain hal kalau di saat itu saya sangat sibuk dan tak punya waktu mengurus hal yang bukan urusan saya. Atau saya tak punya uang, dan saya harus pinjam uang ke sana-sini dalam rangka mencari tahu dan mengembalikan dompet tersebut. Ya, saya bukan pahlawan.

Dalam kondisi kita kekurangan, atau berada di situasi yang berat dan kita rela berkorban untuk melakukan sesuatu yang benar, sesuatu yang seharusnya, maka kita pantas disebut PAHLAWAN. Pahlawan tidak harus berjuang dengan otot atau seperti prajurit tempur yang siap mati. Tidak harus. Ya, siapa saja bisa jadi pahlawan. Pahlawan sesungguhnya beraksi bukan karena imbalan. Materi atau apapun itu. Ia berkorban karena sesuatu yang bernilai, memang pantas untuk diperjuangkan.

 

 

 

Categories
Kisah perjuangan

5 Hal Ini Kamu Temukan Saat Menjadi Perawat

Saya adalah seorang Perawat. Saya mengakui bahwa perjalanan menjadi seorang perawat itu tidaklah mudah. Banyak sekali halangan, rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. Meskipun demikian, menjadi seorang perawat itu adalah sebuah perjalanan yang sangat menakjubkan. Dalam perjalan tersebut, saya menemukan banyak hal baik, yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal-hal baik itu membuat saya, dan masih banyak teman-teman saya di luar sana untuk menemukan Tuhan dalam wujud dan rupaNya yang luar biasa. Intinya, menjadi seorang perawat itu adalah sebuah perjalanan yang sangat menarik.

Categories
kenangan Kisah Komunitas pahlawan perjuangan Uncategorized

Mbah Lurah Pahlawan Kami

agriculture arable clouds cornfield
Photo by Pixabay on Pexels.com

Kami biasa memanggilnya mbah lurah. Entah siapa yang memulai. Kami hanyalah generasi akhir yang memanggilnya demikian. Ngikut saja kakak-kakak kami mengucapkan. Secara formal pun kami tidak tahu, karena penggantinya tak mau dipanggil pak lurah, maunya disebut bapak kepala desa.

Categories
kenangan pahlawan perjuangan

Salah Satu Pahlawanku….

Pahlawan secara sederhana merupakan orang yang berjasa dan sangat berarti dalam kehidupan kita. Kali ini akan kuceritakan pahlawan yang berjasa dalam hidupku terutama dalam bertambahnya ilmu pengetahuanku hingga bisa meraih gelar Sarjana.

Categories
perjuangan

Filosofi Huruf Hijaiyah

Bandung malam ini –

Rintik hujan malam ini menyambutku pada satu tugas kecil yang kuanggap mulia. Sekedar memapah lidah mereka agar kiat dalam membaca. Sejenak riuh gemuruh hujan kembali menyapa, mengoyak batin menerpa raga, mencoba meracuni niat untuk tulus atau tidak.

*

Kuberlindung dibawah payung senada dengan pikiranku yang linglung, tersirat nasihat kecil yang kujunjung.

*

“Nak berdirilah seperti alif ( ا ) , tegak lurus tak tergerus, berserahlah seperti ( ن ) berguna untuk semua, ikhlaskan amalmu seperti ( ی ) tak terlihat tapi ada, tanggung jawablah seperti ( ت ) layaknya pemimpin yang tak pernah sembunyi, bersatulah seperti huruf hijaiyah, berbaur menjadi kata-kata yang bermakna”

– IKATAN KATA –