Pengalaman Pertama Blogwalking

Assalamu’alaikum.

Hai, teman-teman, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Senang berjumpa kembali dengan kalian. Pada kesempatan ini, saya sudah sampai di KETIK-8. Setiap KETIK pasti memiliki tantangan yang unik. Tema KETIK-8 adalah blogwalking.  Pada KETIK sebelumnya, kita fokus untuk menulis sesuai tema. Uniknya, di KETIK-8 ini tidak perlu berpikir untuk membuat sebuah narasi, cerita atau tulisan. KETIK-8 ini kita cukup blogwalking, lalu menyusun daftar hasil blogwalking kita. Seru banget kan?

Ini merupakan pengalaman pertama saya blogwalking. Sejak dulu, saya suka membaca blog yang bermanfaat bagi saya. Namun, saat itu saya belum berani like, follow, dan berkomentar. Jadi, ini adalah pengalaman pertama saya untuk blogwalking sekaligus memberi like dan komentar.

Saya mengerjakan KETIK-8 ini sedikit demi sedikit. Mengapa? Karena saya jarang buka laptop. Di pekan pengerjaan KETIK-8 ini, dalam sehari screen time laptop saya dengan koneksi internet kira-kira hanya 1,5 jam. Jadi, setiap ada kesempatan membuka laptop, saya langsung mencicil untuk blogwalking ke blog para Pengikat Kata. Berikut ini laporan blogwalking saya:

  1. Ishfah Seven//Jangan Ruwet!// “Masyaallah, pengingat yang sangat bagus…
    Berarti jika tidak ingin keluarga/orang serumah ruwet, harus dimulai dari diri sendiri ya..
    Semoga di tahun 2021 bisa belajar tidak ruwet.. aamiin”
  2. Penahp//2 jam menjelang tahun baru 2021//”Betul banget, mashp, bahwa ‘sebab setiap hari selalu terjadi pergantian hari baru. Aku ingin semangat baru selalu ada sepanjang tahun. Tak hanya menjelang tahun baru’. Btw, saya juga tidak membuat resolusi, karena setiap hari bisa membuat resolusi, tidak harus menunggu tahun baru… hehe”
  3. Kampung Manisku//Gemuruh// “keren puisinya, bisa menghubungkan kerupuk dan gemuruh. Biasanya, yang mengungkapkan dg panjang lebar adalah perempuan. Benarkah? Hehe”
  4. Sondang Saragih// Kristik Karyaku Tahun 2020//”Wah, keren kak.. pasti menyenangkan sekali ya. Saya juga suka kristik, tapi belum kesampaian untuk membuat lagi, semoga setelah ini bisa membuat kristik lagi”
  5. Hai Fiska //Diam yang Menyebalkan//”Salam kenal, kak.. nice post
    wah, iya benar, pasti menyebalkan sekali ya dalam kondisi seperti itu.
    mungkin bapaknya masih loading, kak.. hehe
    biasanya laki2 bicaranya memang sedikit, kak”
  6. Maria Frani Ayu //Kepedulian, Nilai Sederhana yang Terlupakan// “Nice post, kak. Salam kenal ya.. Pos ini benar2 mengingatkan saya bahwa perlu mengembangkan empati kepada sesama. Dengan latar suasana kelas dan ada seorang teman yang sakit, saya jadi ingat pas masa sekolah dulu. Sebenarnya kalau ada situasi seperti itu saya ingin membantu teman saya, tapi saya tidak tahu bagaimana caranya. hehe. Malah takut kalau ada apa2 krn saya tdk tahu cara menolongnya. Semoga setelah ini saya jadi semakin peduli lagi, ya kak. Terima kasih sudah mengispirasi”
  7. Rufindhi //Setelah Berkelana 2 Tahun//”Hi, salam kenal, kak Rifi. Ini pengalaman yang unik banget ya… Memang benar, kalau udah rezeki pasti akan datang, dan rezeki itu dalam hal ini sudah ditentukan diterimanya 17 Desember 2020. Selamat menikmati rezeki berupa suratnya ya, kak Btw, saya tahu ikatan kata dari blog ini lo.. terima kasih ya, kak Rifi”
  8. KALA// Terima Kasih Telah Mendengarkan//”Masyaallah, Kak Frida, tetap semangat ya… Saya tahun ini juga punya pengalaman yang sama dengan Kak Frida. Saya juga sedang proses konseling dengan psikolog sejak pertengahan 2020, kak. Semoga kita bisa saling menguatkan ya.. Mungkin suatu saat bisa saya tuliskan”
  9. Cerita Dianpur//Setahun Bersama WordPress//”Selamat ulang tahun yang pertama utk blog ini, kak. Meski seumur jagung, manfaatnya sebesar jagung (gizinya).. hehe. Luar biasa! Semoga terus menginspirasi”
  10. Segigitabaru// Perihal Jantung Puisi Ini//”keren puisinya”
  11. Eigarin48// Penyendiri dan kesepian// “Bagus tulisannya, kak. Salam kenal ya 🙂
    Saya juga introvert dan lebih nyaman sendirian, tapi tidak kesepian dan bukan penyendiri.. hehe.
    Sebab, lebih banyak waktu untuk sendiri bukan berati penyendiri dan kesepian.
    Jika itu membuat kita nyaman, tak mengapa, semoga selalu bermanfaat bagi banyak orang ya..”
  12. Perempuan Aksara//hujan rindu//” Wah, keren kak puisinya”
  13. iamnufa // Potluck ala Tim Youth Café Program//”Salam, kenal, kak.. Wah, senang sekali ya bisa menambah teman sekaligus menambah ilmu. Ini pengalaman yang bermanfaat dan pastinya tidak terlupakan. Tetap semangat bervolunteer yak, kak :)”
  14. Imas’s Blog//Review Buku “Survive Menghadapi Quarter Life Crisis (QLC)//”Salam kenal, kak Imas 🙂 Bermanfaat sekali review bukunya. Saya juga senang dengan pembahasan-pembahsan seperti ini, tapi jarang banget beli buku. Hehe. Seringnya nyimak dari youtube saja, cari yang gratis. Hehe. Tetap semangat mereview ya kak :)”
  1. Mas Tasim Blog// Tak Mengapa Jadi Orang Biasa//”Wah, bagus sekali mas tulisannya.
    Bisa jadi seseorang itu biasa saja pas masa hidupnya, tidak banyak yg kenal, tapi setelah wafat banyak yang mengenal dan bermanfaat bagi banyak orang. Sebagaimana Nabi Ibrahim AS, saat masih hidup mungkin tidak banyak yang mengenal, namun setelah wafat, semua muslim seluruh dunia bersholawat kepada beliau di akhir sholat”
  2. Mintpapers//Permulaan//”Salam kenal, kak Mintpapers. Bener banget, kalau ada tuntutan tulisan harus bagus jadi rasanya agak sulit ya kalau mau menulis. Saya juga merasakan itu, kak, namun skrg mulai berpikir, tak apalah jika demi kebaikan, agar tulisan semakin baik. hehe 🙂 Dan bener banget menulis sebagai terapi kesehatan mental 🙂 Tetap sehat dan semangat ya kak!! ”
  3. rahmadinared// Banyak Rencana Tetapi Sulit Diwujudkan// “Salam kenal, kak 🙂 Rencananya, bagus2, setidaknya Kak Rahmadina sudah berani merencanakan.. Sebuah langkah awal yang bagus. Rencananya boleh mulai diwujudkan satu persatu, kadang kalau ingin semua berjalan bersama agak berat memang. Hehe Sebaiknya dilakukan sesuai kemampuan 🙂 Tetap semangat!! :)”
  4. Gerry Septiano//Lupa//”Bagus tulisannya. Salam kenal, kak Gerry. Biasanya kulit ayamnya yang saya makan duluan biar nggak kelupaan di akhir.. hehe”
  5. Antologi//Aku dan lamunan jam dinding// “Keren puisinya. Wah, nulisnya pas tanggal cantik ya”
  6. atthecorner//Apa Harus Bikin Buku?// “Wah, keren banget kak udah berkali-kali menerbitkan   buku/jurnal ilmiah. Bagi saya menerbitkan jurnal ilmiah itu membanggakan 🙂 Btw, itu ada gambar Euglena ya, kak? Jadi kangen saat ngintip Euglena dari mikroskop di lab taksonomi.. hehe”
  7. Ruang kontemplasi//Gege and meh!//”Salam kenal, Kak Desy and happy birthday for your Gege! 🙂 May always be healthy”
  8. Hanson Tjung//Dari Pembuat Konten Pemula Sampai Pro// “Salam kenal, Kak Hanson. Bagus tips2nya. Selamat ya channelnya sudah dimonetize. Semangat selalu!!”
  9. rulodyta//Review Suncreen Wardah SPF50//” Salam kenal, kak Lody. Reviewnya bagus 🙂 Ditunggu review selanjutnya ya :)”
  10. misskacamata//komunitas//”salam kenal, kak, selamat bergabung :)”
  11. Ppora-pi-ppam//Kamu Kenapa Belum Tidur?//”Salam kenal, kak 🙂 Bagus tulisannya.. Jadi penasaran dengan siapa yang dimaksud. Hehe”
  12. catatan ainin// Dzulhijjah// “semoga berbuah pahala, aamiin”
  13. alvipunyacerita//Kalender 2021 : Hari Kejepit Nasional (Harpitnas) 2021//”Wah, keren. Di akhir tahun 2020 sudah menganalisis harpitnas tahun 2021 dari awal hingga akhir. Btw, kata guru saya sebenarnya harpintnas itu hari Minggu, karena dia kejepit 2 tanggal hitam yaitu Sabtu dan Senin, hihi”

Setelah melakukan blogwalking, saya melanjutkan merapikan tulisan sesuai format KETIK-8 dan mengurutkan sesuai dengan urutan di daftar Pengikat Kata. Alhamdulillah, akhirnya jadi juga KETIK-8 ini sesuai dengan instruksi. Terima kasih untuk para pengikat kata yang telah menjamu saya dengan blognya yang cantik-cantik.

Selama mengerjakan KETIK-8 ini, saya juga menyempatkan untuk membaca KETIK-8 Pengikat Kata yang sudah terbit. Dengan membaca itu, wawasan saya bertambah dan saya menjadi semangat untuk segera menyelesaikan KETIK-8 ini. Tetap semangat ya untuk teman-teman yang sedang berjuang menyelesaikan KETIK-8.

Sekian KETIK-8 saya, teman-teman. Semoga bermanfaat ya. Salam bahagia. Wassalamu’alaikum.

12 thoughts on “Pengalaman Pertama Blogwalking

Leave a Reply to Fahmi Ishfah Cancel reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s