silent treatment

Apa sih itu silent treatment?

Silent treatment merupakan kondisi dimana seseorang mendiamkan pasangannya atau seseorang, entah itu teman, keluarga, atau kekasihnya. Biasanya seseorang tersebut akan melakukan sikap silent treatment ketika dia merasa marah, frustasi ataupun stress.

Kondisi seperti ini. Membuat pasangannya seolah tidak memiliki kesempatan untuk membicarakan masalahnya, atau memahaminya. Sikap silent treatment menurutku sangat menyiksa. Atau sebut saja seperti penyiksaan emosional yang akan berlanjut menguras energi fisik. Dan berdampak terhadap kesehatan fisik. Jika memang kondisi ini semakin dibiarkan berlarut-larut tanpa adanya keinginan komunikasi untuk menyelesaikan masalah dari kedua belah pihak.

Namun, memang ada beberapa orang yang memang sulit mengutarakan dan lebih memilih diam. Sebagai solusi dari permasalahan. Salah satu temanku pun termasuk seseorang yang lebih memilih diam. Karena merasa takut untuk menyelesaikannya. Takut untuk mengakui kesalahan. Dan lebih memilih diam, menghindar dan menjauh. Namun bukan masalah akan terselesaikan malah akan semakin kacau.

Aku mencoba membicarakan masalah silent treatment dengan salah satu temanku yang dia seringkali mendiamkanku tanpa sebab. Membicarakan betapa jeleknya dampak dari silent treatment. Dan nyatanya, setelah aku mengajaknya untuk lebih sering mengutarakan apa yang dia rasakannya. Sedikit demi sedikit dia mulai berubah menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Buat kalian yang sedang mengalaminya. coba deh, bicarakan lagi. ingat! jika dalam suatu hubungan, komunikasi adalah hal yang terpenting. Bukan hanya dengan pasangan. Entah apapun bentuk hubungannya. Karena diam tidak menyelesaikan masalah.

11 thoughts on “silent treatment

  1. Mirip banget kasusnya sama yang kualamin beberapa waktu lalu. Oh baru tahu kalau istilahnya silent treatment ya, hehehe. Itu bener-bener bikin kita yang jadi targetnya merasa gak enak dan salah tingkah! Thanks FYI, nice post 🙂

    Liked by 1 person

  2. Koreksi
    1. silent treatment (ganti judul jadi Silent Treatment)
    2. Silent treatment (Cetak miring)
    3. dimana (di mana)
    4. silent treatment (cetak miring)
    5. stress (stres)
    6. Kondisi seperti ini. Membuat pasangannya (Kondisi seperti ini membuat pasangannya)
    7. Namun, memang ada beberapa orang yang memang sulit mengutarakan dan lebih memilih diam. Sebagai solusi dari permasalahan. (Namun, memang ada beberapa orang yang memang sulit mengutarakan perasaannya dan lebih memilih diam sebagai solusi dari permasalahan.)
    8. ingat! jika dalam suatu hubungan, komunikasi adalah hal yang terpenting. (Ingatlah bahwa komunikasi adalah hal yang terpenting dalam menjalin sebuah hubungan)
    .
    Pelajarilah cara menggunakan tanda baca, preposisi, kalimat efektif. Untuk menentukan kapan harus memberikan tanda titik atau koma cobalah bacakan tulisanmu dengan suara lantang. Dan temukan mana kalimat yang harus kamu beri tanda koma sebagai jeda atau tanda titik sebagai akhir kalimat.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s