Categories
KETIK

Menjelajahi Ke Penjuru Blogger Ikatan Kata

Hari ini aku sudah memasuki di ketik 8 ini dengan temanya menjelajahi ke seluruh member Ikatan Kata. Sudah lama banget aku memutuskan vakum di blog Ikatan Kata ini. Dan menurut ku di ketik 8 ini agak berat gitu soalnya aku di tugaskan untuk menjelajahi ke semua member blogger Ikatan Kata dan aku harus me-review hasil blogwalking dari seluruh member ini. Jujur saja, ini agak keberatan sih bagiku jika aku harus menjelajahi ke semua member.

Setelah menunggu lama untuk berdiam di ketik yang sudah tertinggal jauh dari para member Ikatan kata yang sudah ke level atas, akhirnya aku balik lagi ke sini untuk melanjutkan ketik ku yang sudah terbelangkai di blog ini.

Sebagian aku sudah blogwalking panjang ke seluruh penjuru blog orang lain, termasuk member Blogger Ikatan Kata yang aku ikuti. Cuman hanya sebagian sih yang sudah aku baca di blogger-blogger member ikatan kata. Karena di ketik ini di haruskan menjelajah ke seluruh member Ikatan Kata, dengan terpaksa aku harus melakukan ini sebisa mungkin.

Baiklah, kalau begitu inilah beberapa blog-blog member yang susah payah aku jelajahi ke seluruh penjuru blogger member Ikatan Kata. Dan juga beberapa post-post blog member Ikatan Kata yang menurut ku sangat menarik bagiku sehingga aku jadi semangat membaca di setiap post member di sini. Langsung aja ya.

1. Ishfah Seven

7-cerita-hantu-di-gunung

Di mulai dari Mas Fahmi Ishfah dulu nih. Mas Fahmi ini adalah salah satu founder nya Blog Ikatan Kata. Dan di setiap blog mas fahmi yang paling menarik itu 7 cerita hantu di gunung. Aku sebagai suka cerita horor biasanya penasaran banget baca-baca cerita horor, termasuk Creepypasta. Menurutku, cerita horor yang di buat Mas Fahmi ini lumayan horor lah dan plot twist nya juga sederhana dan bikin aku agak tercengang di cerita itu,wkwkwk.

2. penahp

kangen

Mas Hp adalah member pertama di Ikatan kata sekaligus pertama kali aku membaca di blog PenaHp. Artikel yang pertama kali aku baca di situ adalah Kangen. Aku kira cerita nya tentang rindu terhadap pacarnya, ternyata hanya rindu teman-teman di saat pademi corona.

3. Maria Frani Ayu

channel-youtube-anti-bosan

Selanjtunya ke Blogger Mba Maria. Blog nya Mba Maria ini tulisan nya lengkap banget namun sayangnya panjang banget dan tulisan nya agak sedikit berat saat aku membacanya. Karena Blog nya Mba Maria ini kebanyakan isi tulisan nya itu mirip ke arah gaya penulisan jurnal/ essai gitu. Dan artikel yang aku baca di situ adalah tentang channel Youtube. Ternyata Youtube gak semua nya aja yang isinya konten-konten gak baik kayak Youtuber terkenal. Masih banyak kok ternyata konten-konten youtube dari youtuber terkenal juga punya konten-konten yang baik serta bermanfaat untuk semua orang.

4. HANSON TJUNG

menjaga-kesehatan-emosional

Kunjungan selanjutnya adalah Mas Hanson. Selain blogger, ternyata dia juga seorang Vlogger dan juga traveller. Artikel yang ku baca di blog Mas Hanson adalah Menjaga kesehatan emosional. Tulisannya bagus dan juga bermanfaat untuk diri kita ketika emosi kita tidak bisa di kendalikan.

5. readsna

proyekcerpen5000kata-i-finished-it

Next,sekarang ke blognya Kak Risna atau yang di sebut dengan tulisan kucca. Di artikel yang aku baca itu adalah proyek 500 kata. Sebenarnya aku sedikit bingung maksud dari proyek cerpen ini. Mungkin saja dia sedang berusaha membuat cerita cerpen. Wah, seperti aku yang juga suka bikin cepen akhir-akhir ini, semangat ya !

6. Kantong Semar

rindu-saja

Berikutnya ke blog Mba Hani. Blog yang aku pertama kali aku kunjung di situ kebanyakan beragam cerita pengalaman nya Mba Hani, dan juga ada blog materi pelajaran Fisika gitu. Artikel yang aku kunjungi di Blognya Mba Hani adalah sebuah Puisi yang berjudul Rindu. Puisi ini mengingatkan kita rindu seseorang di sana.

7. Cuitan Masa Remaja Diwan

gerakan-jemari-yang-kian-kaku

Selanjutnya blog nya dari Mas Ridwan. Blog nya mas ridwan ini cukup simple dan juga polos. Di artikel yang aku baca di situ, Mas Ridwan menceritakan keluh kesah selama menulis di blog. Seperti diriku yang juga agak lelah sekiligus sudah mulai bingung sehingga aku jarang menulis di blog ku ini sampai-sampai aku pernah vakum di bulan kemarin. Tetap semangat ya !

8. kampungmanisku

di-pengasingan-hati

Lanjut ke blog nya Mas Narno. Saat aku buka kebanyakan isi blog nya puisi semua, tetapi bagus dan sangat menarik puisi nya Mas Narno.

9. Rifkipedia

gunung-argopuro-singgah-sementara

Selanjutnya Blog nya Mas Rifki. Mas Rifki ternyata juga seorang traveller ya. Di artikel situ dia menceritakan perjalanan wisata bersama teman-temannya menuju ke Gunung Argopuro di Situbondo.

10. rufindhi

hdiy-amplop-baronial-tutup-lancip

Selanjutnya ke Blog nya Mba Rifi. Bisa di bilang, Mba Rifi bukan hanya sekedar blogger yang suka menulis saja, dia itu salah satu Blogger yang paling unik sekaligus paling kreatif sejak aku mengikuti Blog nya. Selain menulis di blog, ternyata dia suka banget hobi menyurat ke sahabat penanya, termasuk sahabat-sahabat penanya di luar negri. Selain hobi menyurat, dia suka sekali melakukan kreativitas/craft tutorial membuat amplop yang unik dan juga keren. Amplop suratnya yang sangat klasik dan perpaduan Vintage ini membuat aku sangat mengaguminya. Selain itu dia suka banget mendesain amplop surat dari bahan kertas bekas yang tak terpakai. Boleh di tiru juga nih,wkwkw.

11. on delivery

sajak-mahasiswa

Aku lanjut ke Blog nya Mas Faisal. Artikel yang aku baca di blognya sebuah puisi berjudul Sajak Mahasiswa. Puisi ini menceritakan lika-liku kehidupan mahasiswa. Dimana Mahasiswa tingkat akhir sedang berjuang di masa per-skripsian. Untung saja aku bersyukur karena aku masih di tingkat 4. Dan aku baru paham seperti inilah mahasiswa tingkat akhir yang berjuang melawan skripsi. Semangat terus ya melawan skripsinya, semoga cepat lulus.

12. Coffee Lady

https://coffeeldy.wordpress.com/2020/07/20/pejuang-alinea/

Sekarang lanjut lagi ke blog nya Kak Melati Alya. Tulisan ini menceritakan perjuangan nya kak Melati saat mengikuti kelas menulis KMO yang diselenggarakan di WAG. Semangat ya kak, soalnya aku juga ikut di kelas KMO sih, wkwkwk. Ternyata gak semudah itu loh saat mengikuti kelas ini, banyak sekali macam-macam tugas yang kadang-kadang emang bikin nyebelin, susah, dan beban juga. Yang penting santuy aja ngerjain tugasnya, oke ?

13.Sondang Saragih

https://sondangsaragih.wordpress.com/2020/07/27/beberapa-mitos-yang-dulu-aku-percaya/#more-3084

Next ke blog nya mami sondang nih. Di blog mami ini aku pernah baca tentang mitos-mitos yang dulu pernah kita percaya. Entah aku memang agak suka baca tentang misteri atau horor gitu, wkwkwk. Di tulisan ini menceritakan sederet mitos-mitos yang dulu kita pernah percaya, masih ingat gak nih mitos-mitos jaman dulu.

14.  Nominasite

https://nominasite.home.blog/2020/07/30/komposisi-malam/

Sekarang ke blog Mas Muhammad Irham. Aku gak pernah ngikutin blog ini, dan kunjungan blog pertama di blog mas Irham adalah puisi tentang Komposisi Malam. Puisi yang bagus, dan tidak terlalu banyak, semangat ya.

15. Ilham Arya Susanto

https://ilhamaryasusanto.wordpress.com/2020/05/03/buat-orang-lain-bekerja-keras-untuk-anda/

Next, blog nya Mas Ilham. Di blog ini isinya kebanyakan tulisan-tulisan cerita tentang kehidupan, termasuk tentang kesehatan mental. Entah aku juga suka sih baca-baca artikel/cerita tentang kesehatan. Disini aku membaca sebuah tulisan mengenai kisah hidup seorang ilmuwan bernama Nikola Tesla. Tulisan nya menarik dan mempunyai nilai-nilai moral di cerita ilmuwan hebat ini.

16. Hai Fiska

https://haifiska.wordpress.com/2020/05/20/first-liebster-award/

Sekarang lanjut ke blognya Kak Fiska nih. Di tulisan yang aku baca mengenai tentang fakta-fakta kak Fiska untuk mengikuti Liebster Award. Aku suka nih baca-baca tentang fakta-fakta tentang pemilik blog di blog ini.

17. Segigitabaru

https://segigitabaru.wordpress.com/2020/07/25/cerita-dibalik-sebuah-cerita/

Next, aku beralih ke blog nya Kak Rakha. Di blog nya Kak Rakha tulisannya sangat mantap, dan juga tampilan blog nya menarik. Kebanyakan di tulisan ini adalah kumpulan-kumpulan cerita fiksi mini dan opini-opini pemikiran Kak Rakha. Yang paling menarik yang aku baca disitu adalah kisah tentang Anne Frank, gadis yahudi yang menghabiskan untuk menulis saat dirinya bersama keluarganya rela bersembunyi dari incaran Polisi Gestapo (Polisi NAZI Jerman). Kisah ini sangat menyentuh dan mengajarkan bahwa kita patut besyukur karena kita hidup di masa kini serta tinggal di tempat yang nyaman dan damai.

18.Ketika Duduk

https://ketikaduduk.art.blog/2020/07/29/dalam-bayanganku/

Aku lanjut ke blog nya Kak Dimas. Blog ini kebanyakan isinya puisi semua, karena Kak Dimas ini benar-benar suka sekali dengan puisi. Dan puisi-puisi karya Kak Dimas keren sekali, I like it !

19.  Jejak Andi

https://jejakandi.wordpress.com/2020/06/09/jurnal-pagi-isinya-kosong-duh/

Sekarang masih lanjut lagi ke blog selanjutnya, wow banyak sekali ya member-member IK disini. Kali ini kunjungan selanjutnya adalah blog nya Kak Andi. Di blog nya Kak Andi ini kebanyakan isi tulisan nya tentang jurnal harian gitu, serta juga disisipin tuilsan-tulisan tentang pemikiran dan opini.

20.Ainun Ray

https://ainunray.wordpress.com/blog-2/

Ke blog nya Kak Ainun. Hmm… Blog nya masih baru ya kak, jadi aku bingung soalnya di post blog nya masih baru dan ada tulisan-tulisan template gitu sih. Yaah gak jadi blogwalking deh, lain kali aku akan kunjung ke blog kakak lagi ya 🙂

21. Agil Wijaya

https://agilwijaya.wordpress.com

Lanjut ke blog nya Kak Agil nih. Blog nya terlihat simpel dan bagus, kebanyakan tulisan-tulisannya opini dan pemikiran gitu. Semangat ya Kak Agil !

22. Dephimap

https://dephimap.wordpress.com/2020/07/04/berawal-dari-buku-harian-sampai-ke-fiksi/

Next ke blog nya Kak Devi. Tulisan yang aku baca di blog Kak Devi ini adalah tentang “Berawal dari buku harian sampai cerita fiksi.” Ternyata Kak Devi ini udah mulai menulis sejak dulu ya, keren banget kak. Semangat ya kak !

23. Anything Frida

https://anythingfrida.wordpress.com/2020/06/09/mendukung-produk-umkm/

Lanjut ke blog nya Kak Frida. Di tulisan Kak Frida kali ini tentang sebuah usaha UMKM. Ternyata Kak Frida ini juga suka berbisnis terutama UMKM ya, keren kak. Aku dukung usaha mu dalam dunia bisnis, semangat ya kak !

24. Gerry Septiano

https://gerryseptiano.wordpress.com

Blog selanjutnya adalah blog Kak Gerry. Di blog ini masih dibilang baru menginjak ke dunia menulis, dan juga member baru Ikatan Kata. Semangat ya kak nulisnya, semoga sukses !

25. Perempuan Aksara

https://aksaramadhani.wordpress.com/2020/05/15/rindu-11-22-pm/

Yang terakhir adalah kunjung ke Kak Fitri. Di blog nya Kak Fitri ini terlihat sangat simple dan juga minim sekali tidak ada gambar disitu. Tulisan tetap kece dan menarik dan menurut ku hampir semua di tulisan nya Kak Fitri ini cerita semua.

Nah itulah hasil kunjungan-kunjungan aku ke seluruh penjuru blog member Ikatan Kata. Akhinya kelar juga aku nyelesain ketik 8 ini sejak berbulan-bulan lamanya. Jujur aku gak bisa berkata apa-apa lagi, blog-blog member Ikatan Kata ini benar-benar mantap banget dan juga oke menurut aku. Tetap semangat ya buat para-para member Ikatan disini dan juga untuk kalian semua, tetap semangat menulis nya dan semoga suatu saat ntar kalian bakal jadi penulis terkenal di Indonesia, Amiin.

Sekian dari ketik 8 ini yang aku tulis dan juga mohon maaf sebesar-besarnya jika tulisan aku ini ada yang kurang atau sebagian kecil tidak enak di hati kalian. Namanya juga masih belajar menulis, dan jika terus menulis ntar tulisannya jadi semakin bagus kok 🙂

See you next time di ketik selanjutnya nanti ya !

By Alya Putri

Nama aku Alya.
Aku adalah Blogger dari Bekasi yang suka menulis dan membaca. Aku juga suka mendengarkan lagu dan kadang suka main game.
Aku memulai bangun blog sejak 2018

17 replies on “Menjelajahi Ke Penjuru Blogger Ikatan Kata”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s