Catatan Dasar untuk Kamu Calon Jurnalis

Sebenarnya ada banyak pelajaran yang telah kudapat selama kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia yang tentu saja menarik untuk kubagikan pada teman-teman, terlebih tantangan ketik kali ini meminta ilmu yang berkaitan dengan bahasa.

Hanya saja, aku belum berani membagikan sesuatu tanpa melihat buku penunjang, selain karena sejujurnya sudah banyak yang kelupaan dan harus baca bukunya dulu, juga untuk meminimalkan kekeliruan, hehe.

Saat ini aku berada di tempat yang berjauhan dari buku-bukuku, tetapi di bagian akhir tulisan ini, aku akan mencantumkan rekomendasi buku keren yang terkait dengan bahasa buat teman-teman.

Nah, karena saat ini di dekatku hanya ada buku catatan (satu-satunya buku yang kubawa pulang ke kampung halaman, wkwk), maka sumber informasi yang kubagikan ini tentu berasal dari sana.

Ini adalah sebagian kecil ilmu yang kudapatkan ketika mengikuti diklat jurnalistik sekitar dua pekan lalu.

Semoga bermanfaat.
Cekidot!

___

Prinsip utama jurnalisme adalah kebenaran, loyalitas kepada warga sebagai konsumen berita, dan verifikasi.

BERITA
Berita; sebuah informasi baru disebut berita apabila memuat informasi baru dan penting. Berita memiliki nilai sebagai berikut.

  1. Kebaruan
  2. Jarak (Fisik dan Psikologi)
  3. Akibat
  4. Tokoh
  5. Daya Tarik Kemanusiaan

Jenis berita terbagi menjadi 2, yaitu straight news dan feature news.

Pola pengembangan keduanya sebagai berikut.

  1. Straight News

  2. Feature News

WAWANCARA

Model wawancara terbagi menjadi dua yaitu langsung dan tidak langsung.

Adapun jenis wawancara terbagai 6, yaitu:

  1. Wawancara Berita
  2. Wawancara Pribadi
  3. Wawancara Eksklusif
  4. Wawancara Sambil Lalu
  5. Wawancara Jalanan
  6. Wawancara Tertulis

TAHAP PELAKSANAAN WAWANCARA

Kita harus menggunakan pertanyaan yang mewakili rasa ingin tahu publik.

💢Wartawan harus sopan.

💢Saat mengajukan pertanyaan, jurnalis tidak menghakimi.

💢Jurnalis tidak menunjukkan kesan sudah tahu, sok pamer atau sok pintar.

💢Pertanyaan yang diajukan ringkas dengan menggunakan kalimat tanya yang terbuka.

TIPS MENEMBUS NARASUMBER

Untuk menembus narasumber, Kak Ari Maryadi pada kegiatan tersebut membagikan 5 tips sebagai berikut.
🔍Cari tahu sosoknya
🔍Cari tahu hobinya
🔍Bangun kedekatan
🔍Bangun kepercayaan
🔍Saling tukar nomor telepon

(Yah, pada intinya, mirip-miriplah saat akan melakukan PDKT pada doi, wkwk)

___

Sip. Semoga sedikit informasi di atas bermanfaat bagi kita semua, ya. Terutama buat teman-teman yang tertarik jadi jurnalis kayak Mbak Nana, hihi. 😅

Sesuai janji di awal, maka aku rekomendasikan buku Xenoglosifilia; Kenapa Harus nginggris? karya Uda Ivan Lanin bagi kalian, khususnya yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia dengan santuy. Aku sudah membacanya hingga pertengahan, sayang sekali aku tidak membawanya turut pulang kampung, hiks. 🐝

Salam hangat,

Kucca

📪April 2020

Advertisement

3 thoughts on “Catatan Dasar untuk Kamu Calon Jurnalis

    1. Jurnalisnya berusaha lebih banyak menampilkan isu-isu yang ada dari ‘sisi buruknya’ sebagai kritik, misalnya pada pemerintah. 😅 Gitu bukan sih? Hal ini disampaikan di diklat berkali-kali, cuma aku takit gagal paham jadinya gak kutulis di sini, wkwk.

      Like

Comments are closed.