Pengalamanku cara membiasakan Membaca Buku

Bagaimana cara membiasakan kita membaca? Itu udah banyak orang yang menulis. Tapi gak papa ya, aku juga menuliskan sesuai pengalamanku. Iya, dulu aku bukan orang yang pembaca banget.  Baca juga paling saat ujian aja atau ada tugas doang. Kalo gak ada keduanya ya gak baca. Paling juga scrol instagramlah, facebooklah, ngeyoutube gak jelaslah. Tapi sekitar tahun 2017 aku baru sadar bahwa membaca itu sangat sangat penting. Orang terkaya di dunia saja rajin membaca buku. Seperti Bill Gates,  pembuat windows, Steve Jobs yang memiliki Perusahaan Apple dll. Bukanya Allah juga pertama, menurunkan ayat yang berisi yang memerintahkan untuk membaca, yang terdapat pada surat Al Alaq ayat 1 yang artinya “Katakanlah, Bacalah dengan menyebut nama Allah”.

Nah Allah juga memerintahkan hambanya untuk membaca, masa gak suka baca kan aneh lah ya hehe. Oke-oke, di indonesia itu orang suka membaca, tapi sayangnya bacanya cuma di sosial media, curhatan orang lain lah apapun itu. Harusnya kan ya kita membaca buku malah menambah wawasan lebih luas, bukannya membaca hal ga penting lah ceunah(katanya hehe). Yaudah lah lanjut bagaimana cara aku membiasakan membaca buku. Hal-hal pertama yang harus kamu lakukan adalah :

  1. Cari buku yang kamu sukai, misalnya suka genre romantis, carilah judul yang berhubungan dengan genre kamu, dan juga kalo kamu suka bergambar bacalah komik .
  2. Setiap kamu pergi kemanapun bawalah buku di tas. Ya walaupun gak dibaca gak papa, hehe aku juga dulu gitu kok, bawa buku tapi gak dibaca.
  3. Jadilah buku sebagai teman kamu disaat kamu sepi,senang, dan senang ataupun tentang yang kamu rasain aja deh.
  4. Buatlah jadwal membaca buku maksimal sesuka kamu aja. (ini gak terlalu aku lakuin sih karena gak ngaruh hehe)
  5. Coba kamu lakukan membaca buku selama 20 jam , jadi dalam sehari lakukan sejam kalo ga kuat mah lakukan secara berurut-urut jangan sampai ada bolong ya plis. Harus 20 hari itu untuk membaca buku.
  6. Carilah lingkungan orang yang selalu membaca buku seperti mengunjungi perpustakaan , biasanya lingkungan itu sangat berpengaruh sekali.
  7. Coba kamu ikutan komunitas yang mengadakan tantangan membaca buku seperti yang pernah aku ikutan di Komunitas BeraniBaca, atau di One Week One Book. cek aja di instagram buanyak lah. hehehe

Pernah gak saat kamu membiasakan membaca buku ada aja merasakan jenuh, males banget buka buku, membaca buku baru baca bentar ngantuk. Iya sih memang gak semudah itu ya membiasakan sesuatu. Tapi kalo kamu lakukan semua hal itu akan hilang seketika, ini pengalamanku. Kalo masih males baca, coba cari buku yang dapat memotivasi kamu. Misalnya coba buka youtube mengenai buku nih aku kasih linknya https://www.youtube.com/watch?v=_mIIStw1C7g (kala journal yang punya channel youtubenya), https://www.youtube.com/watch?v=Zw5LaFaNQbY (Upgradecoy),  https://www.youtube.com/watch?v=KB8wvdmgoes (Prof. Dr. Ahmad Ma’bad Abdul Karim), https://www.youtube.com/watch?v=kLrVLFcpA  ada banyak sih, Cuma cari sendiri aja deh, banyak kok di internet juga. Kalo aku sih sering nontonnya di channel itu aja. haha

Aku ada rekomendasi buku bagus agar kamu termotivasi membaca :

  1. Gila Baca Ala Ulama  Karya Ali bin Muhammad Al-Imran
  2. Quantum Reading Karya Hernowo
  3. Sebuah Cerita Para Pencinta Buku Karya One Week One Book Community

Dan masih banyak lagi. Kenapa gak aku rekomendasikan banyak, karena menurutku buku ketiga itu sih yang berpengaruh.

24 thoughts on “Pengalamanku cara membiasakan Membaca Buku

  1. Hehehe masih berantakan. Tapi gak papa… Yang penting menulis dulu.
    Bener kata Mas Fahmi banyak typo. Dan preposisi yang tidak tepat, tapi tenang, di ketik 6 nanti, Mas Edwin akan belajar materi itu.
    Dan membiasakan membaca selama 1 jam sehari 😱😱😱 keren banget. Berat, Bro. Berat. 😁

    Liked by 2 people

  2. ada temen saya itu bener2 ga suka baca buku/novel/kumcer/dll. tapi dia suka nonton youtube, dan yg dia tonton pun bagus2 gitu tayangannya. waktu kita sempet sharing, dia bilang begini, “aku kalo disuruh baca emang susah. lebih suka youtube-an. kan jalannya cari ilmu itu beda2. aku lebih suka ndengerin dan ngamatin.” hahaha

    tapi saya pribadi sih cukup sepakat dgn tulisan kk, untuk membiasakan diri membaca:) smg tetap istiqomah!

    Liked by 1 person

    1. Iya aku juga nemu orang gitu, ya aneh aja sih. 😀
      Jadilah pendengar dan pengamat yang baik haha

      Iya kak tapi ga semudah membalikkan tangan haha. Kadang aja ada orang yang ga ada waktu buat baca hehee. Tapi kok sempet buat buka hape kan aneh lagi. Ya aku mah senyum2 aja hehe

      Liked by 1 person

  3. Nah, sepakat dg tulisanmu Edwin. Sebenarnya kalau kita konversikan waktu yang kita pakai utuk bermedsos menjadi waktu membaca rasanya sudah cukup. Tapi memang gk gampang. Butuh perjuangan, kerja keras dan disiplin. 😀
    Kita perlu mengurangi porsi bermedsos yang sekedar menghabiskan waktu dan mengalihkannya menjadi kegiatan membaca.
    Siip, semoga tulisan2mu berikutnya terposting lagi di blog ini.
    semangat.

    Liked by 1 person

  4. Bukan ga gampang, diri kitanya aja gak mau aja, hehe pendapatku gitu sih hehe. Memang butuh butuh prosesnya haha.

    Iya kang lagi mengusahakan. Tapi ya kadang juga terhanyut lagi disosmed. Susah juga hehhe

    Iya amiin ka, mohon bimbingannya

    Liked by 1 person

Comments are closed.